TRENGGALEK – Bentuk komitmen untuk memastikan transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) berjalan lancar, Novita Hardini menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Bunda PAUD se Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Novita Hardini mengajak para Bunda PAUD untuk turun langsung mengawal proses transisi ini dengan semangat positif.

Novita Hardini, yang juga merupakan Master of Economic dari UIN SATU, menekankan pentingnya menjaga masa kanak-kanak anak-anak usia dini.

Dia berharap agar anak-anak ini tidak kehilangan kebahagiaan masa kecil mereka dan dapat meraih kesuksesan di masa dewasa.

Menurut Novita, Bunda PAUD memiliki peran kritis sebagai pejuang anak-anak. Dengan menggambarkan mereka sebagai publik figur, Novita ingin menegaskan bahwa Bunda PAUD bukan hanya sebagai ibu di rumah, tetapi juga sebagai panutan bagi seluruh masyarakat.

“Hari ini kita Bimtek Bunda PAUD se-Kabupaten Trenggalek. Saya mengajak seluruh Bunda PAUD memahami peran dan tugas-tugasnya di pokja masing-masing sehingga dapat terintegrasi dengan baik bagi teman-teman yang ada di Kabupaten,” ujar Novita di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek.

Novita Hardini juga menekankan perlunya keterlibatan aktif Bunda PAUD di lapangan untuk memastikan transisi dari PAUD ke SD berlangsung menyenangkan.

“Harus turun ke lapangan, saya menitipkan bahwa masing-masing dari Bunda PAUD Kecamatan juga turun, dan dokumentasinya harus dikirimkan ke Kabupaten,” tambahnya.

Selain fokus pada transisi PAUD ke SD, Novita juga membahas tentang pentingnya parenting yang baik. Dia menyoroti kewajiban orang tua untuk tidak hanya memberikan gizi yang baik tetapi juga mengisi anak-anak dengan nilai-nilai luhur bangsa.

Novita menggambarkan anak-anak sebagai kertas putih yang polos, yang dapat diwarnai oleh nilai-nilai positif.

“Dengan dikuatkannya nilai-nilai luhur, anak-anak akan meraih kesuksesan nantinya. Paling tidak sukses secara pribadi, sukses dalam keluarga, atau sukses di lingkungan, bahkan dalam lingkup berbangsa dan bernegara,” tutup Novita, yang juga merupakan pendiri UPRINTIS Indonesia.

Dengan semangat dan komitmen Novita Hardini, diharapkan transisi PAUD ke SD dapat menjadi perjalanan yang menyenangkan dan memberikan dampak positif bagi masa depan anak-anak Kabupaten Trenggalek.

Jurnalis: Dewo