JAKARTA – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulawesi Utara sebentar lagi akan digelar. Pakar politik Jerry Massie menyebut sosok yang layak diusung PDIP yakni Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda. Seperti diketahui PDIP merupakan partai penguasa di Sulut.

Menurut Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies ini, Joune Ganda merupakan kader terbaik PDIP Sulut yang sarat prestasi nasional bahkan internasional.

Buktinya tahun 2023 lalu ujar Jerry, Joune diundang menghadiri pertemuan internasiona pemimpin dunia bahkan beliau menjadi salah satu keynote speech di China.

“Saya pikir untuk memuluskan PDIP mempertahankan kemenangan di Sulut menggantikan Olly Dondokambey maka Joune Ganda merupakan fugur yang tepat diberikan mandat untuk berjibaku di Pilgub November mendatang,” kata peneliti politik jebolan American Global University (AGU) Amerika ini.

Selama memimpin, kata Jerry, Minut mengalami peningkatan signifikan.

“Lihat saja PDRB (produk domestik regional bruto) di kabupaten ini Rp75 juta pertahun hanya kalah dari Kota Manado,” ungkap Jerry.

Jerry juga menyoroti, economic of growth (pertumbuhan ekonomi) tembus angka 5,5 persen secara avarage di atas provinsi dan nasional.

“Minut dipilih tahun ini sebagai host pertemuan kepala daerah/wali kota se-Asia Pasicif. Ini tak lepas peran sang Bupati saat memaparkan konsep, pemikiran terkait kearifan lokal budaya di Minut,” jelas dia.

Selain itu, Jerry merinci pencapaian spektakuler Indeks Pembangunan Manusia Minut dari 2021 (74.11), Tahun 2022 (74.69) dan tahun 2023 (75.31).

“Bahkan, di bawah kepemimpinan Joune, Minut tahun 2021 meraih TW (Tidak Wajar) hasil peninggalan pemerintahan sebelumnys. Joune Ganda mulai bekerja di tahun 2022, dan dia membawa daerah ini meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) BPK RI,” imbuh dia.

Menambah daftar prestasi, Joune Ganda dianugerahkan sebagai “The Indonesian Next Leader” oleh Koran Media Indonesia. Dengan slogan ‘Tulus mengabdi demi kemajuan Minut’.

“Tentu saja penghargaaan ini sangat bergengsi bagi para pemimpin khususnya di Indonesia,” pungkas Jerry.

Jurnalis: Angie