PALANGKARAYA –  Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024, di Istana Isen Mulang Rumah Jabatan Gubernur Kalimantan Tengah, Jumat (1/12/2023).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran menyerahkan DIPA dan TKD kepada bupati, Pj bupati, dan Pj wali kota serta kepala instansi vertikal dan perangkat daerah Provinsi Kalteng.

Sementara itu usai acara penyerahan DIPA dan TKD tersebut Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengatakan, pihaknya segera melakukan langkah untuk optimalisasi penyerapan anggaran 2024 tersebut.

“Tentu anggaran tersebut diperuntukkan dengan tepat sasaran dan tepat waktu guna mempercepat pembangunan dan perekonomian yang manfaatnya langsung dirasakan masyarakat, sesuai arahan Presiden RI,” ungkap Hera.

Adapun dalam acara penyerahan DIPA dan TKD tersebut Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan langkah cepat Pemprov Kalteng bekerja sama dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan, agar anggaran dapat segera dijalankan mulai Bulan Januari 2024.

Beberapa hal yang ditekankan Gubernur Kalteng agar menjadi perhatian bersama bupati dan Pj bupati/wali kota, segera menindaklanjuti dokumen DIPA dan TKD Kabupaten/Kota Tahun 2024.

“Selanjutnya secepatnya diserahkan kepada masing-masing pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran. Lakukan pengelolaan anggaran secara transparan dan akuntabel, tutup segala celah korupsi, kerja sama dengan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) untuk monitoring dan evaluasi,” tegasnya.

Jurnalis: AF