PALANGKARAYA –  Dalam menekan angka stunting serta mewujudkan generasi emas di masa yang akan datang, Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi mengajak masyarakat setempat untuk banyak mengonsumsi ikan.

“Agar generasi penerus dapat diandalkan di masa yang akan datang maka dibutuhkan generasi yang cerdas dan sehat yang diperlukan. Salah satunya yaitu dengan gemar mengonsumsi ikan,” kata Indri, Kamis (30/11/2023).

Disebutkan Indri, pemberian nutrisi dan gizi yang baik pada anak haruslah dimulai sejak usia dini terutama saat dalam kandungan hingga usia balita. Salah satunya dengan pemberian asupan protein melalui ikan.

“Konsumsi ikan yang cukup dapat membantu mencegah stunting pada anak. Hal tersebut karena ikan mengandung protein, kaya asam lemak omega-3 yang dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak,” ucapnya.

Indri juga menyebutkan bahwa pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong masyarakat untuk gemar makan ikan, seperti melalui lomba masak serba ikan, festival kuliner serba ikan lokal dan sebagainya.

Namun demikian, tambahnya peran para ibu dalam pemenuhan gizi anak adalah yang terpenting, para ibu dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dalam mengolah ikan, sehingga menu ikan menjadi favorit dalam keluarga.

“Oleh sebab itu, kepada para ibu juga saya harapkan agar mampu mengolah ikan menjadi varian makanan yang dapat menjadi alternatif pilihan bagi anak-anak sehingga anak jadi gemar makan ikan. Dengan begitu kita bisa mempersiapkan generasi yang sehat, bebas stunting, handal dan berdaya saing di masa yang akan datang,” tutupnya.

Jurnalis: AF