PALANGKARAYA – Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-10, Pemerintah Kota Palangka Raya, melaui Dinas Perikanan Kota Palangka Raya menggelar pelatihan Pembuatan Albumin Ikan Gabus yang diselenggarakan di Agro Wisata Buah Larosa, Palangka Raya, Kamis (30/11/2023).

Kegiatan Pelatihan ini dibuka oleh Pj Wali Kota Palangka Raya yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palangka Raya, Absiah.

Dalam sambutannya, Absiah mengatakan bahwa selain untuk memperingati Harkannas ke-10, kegiatan pelatihan ini juga dalam rangka program optimalisasi pengolahan dan pemasaran produk perikanan bagi kelompok usaha perikanan di Kota Palangka Raya.

“Harapan saya pengembangkan albumin dari ikan gabus ke depannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama bagi kelompok usaha perikanan. Oleh sebab itu, kepada peserta saya minta agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh,” kata Absiah.

Selain itu, Absiah juuga menyebutkan bahwa pelatihan ini merupakan upaya Pemerintah untuk meningkatkan kebiasaan gemar mengonsumsi ikan bagi masyarakat Kota Palangka Raya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi menyebutkan bahwa tujuan pelatihan ini untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya usaha perikanan masyarakat serta meningkatkan pengetahuan mengenai manfaat ikan gabus bagi kesehatan.

“Besar harapan saya dengan diselenggarakan pelatihan ini kita dapat menciptakan inovasi serta kreativitas yang baru sehingga inovasi pembuatan albumin dari ikan gabus ini dapat menjadi produk unggulan daerah,” ucap Indri.

Adapun pelatihan ini diikuti 50 orang peserta dari kelompok pengolahan usaha perikanan se-Kota Palangka Raya yang merupakan binaan dari Dinas Perikanan Kota Palangka Raya. Sementara untuk narasumber pelatihan ini yaitu dari Universitas Palangka Raya.

Jurnalis: AF