JAKARTA – Setiap musim kemarau, maka potensi ancaman bencana seperti kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) rawan terjadi di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, termasuk di wilayah Kota Palangka Raya.

Berkaca dari itulah jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya terus memperkuat pengetahuan mitigasi. Salah satunya, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat, Jalan Angkasa I Nomor 2 Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (30/11/2023).

“Kunjungan ini dalam rangka memperdalam mitigasi pengendalian bencana karhutla yang berbasis sistem peringatan dini di wilayah Kota Palangka Raya,” kata Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, saat memimpin langsung kunjungan tersebut.

Menurut Pj Wali Kota, upaya mengurangi risiko bencana sangat diharapkan mampu dilakukan oleh pemerintah, bersama-sama dengan masyarakat.

“Bahkan semua orang baik individu maupun kelompok, dapat bertindak sesuai peran masing-masing untuk mengurangi risiko bencana,” jelasnya.

Sementara itu tambah Hera, terkait kunjungan pihaknya ke Kantor BMKG Pusat tersebut, tentu menjadi bagian dari upaya dini Pemko Palangka Raya dalam mencegah risiko bencana. Terutama kesiapan dalam penanggulangan dampak bencana, seperti bencana karhutla.

Adapun dalam kunjungan tersebut Pj Wali Kota bersama jajarannya diterima langsung oleh Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto beserta jajarannya.

Jurnalis: AF