PALANGKARAYA – Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo menyebutkan bahwa untuk menciptakan generasi emas yang sehat di masa yang akan datang maka penguatan peran Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) harus dilakukan.

Hal ini disampaikannya mengingat UKS/M merupakan garda terdepan yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan derajat kesehatan anak sekolah di antaranya dengan pemenuhan gizi sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

“Oleh sebab itu untuk, mewujudkan generasi emas yang sehat, cerdas dan bersih tersebut maka perlu penguatan dan peningkatan dari peran UKS/M itu sendiri dalam memberikan edukasi kepada peserta didik dalam menerapkan perilaku hidup bersih sehat (PHBS),” kata Andjar, Kamis (24/8/2023).

Selain itu, Andjar mengatakan bahwa UKS/M tidak hanya sebagai ruang kesehatan yang dikunjungi oleh siswa yang sakit, namun ruang UKS/M juga menjadi ruang pusat informasi kesehatan.

“Oleh sebab itu, para kader harus mampu memberikan informasi kesehatan bagi para anak didik di sekolah dengan baik,” ucapnya.

Lebih lanjut Andjar menyebutkan upaya dalam meningkatkan kesehatan di sekolah merupakan program lintas sector. Sementara dari Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya pihaknya secara rutin melaksanakan program kunjungan ke sekolah-sekoalah untuk memberikan edukasi serta melakukan pemantauan kesehatan.

“Melalui Pukesmas sendiri kami terus melakukan edukasi ataupun pemantauan kesehatan bagi anak sekolah secara menyeluruh termasuk kesehatan reproduksi,” tutupnya.

Jurnalis: AF