DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui berbagai perangkat daerahnya sedang melakukan pendampingan penggunaan dana kelurahan untuk pembangunan fisik tahun anggaran 2023 di seluruh kelurahan se-Kecamatan Cipayung.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Reni Siti Nuraeni menjelaskan, pendampingan ini untuk memastikan pekerjaan yang dilakukan Kelompok Masyarakat (Pokmas) sebagai penyelenggara kegiatan, sesuai dengan aturan dan harapan.

“Tugas kami (pemerintah) mengevaluasi, memonitor, dan memastikan komitmen, baik itu aparat kelurahan, kecamatan ataupun Pokmas dan pendamping kelurahan. Komitmen agar mereka tetap melakukan pekerjaan infrastruktur dengan swakelola tipe 4,” jelasnya, saat kegiatan pendampingan Selasa (15/08/23).

Melalui pendampingan ini, lanjut Reni, Pemkot Depok berupaya mengembangkan kapasitas dan kapabilitas Pokmas. Memastikan Pokmas tetap memiliki integritas untuk melaksanakan kegiatan pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

Dikatakannya, ketentuan swakelola tipe 4 berbeda dengan yang lain. Swakelola tipe 4 pembangunannya dilakukan langsung oleh Pokmas.

“Pokmas adalah masyarakat yang dari sisi pemahaman, pengetahuan, keterampilan, terkait penyelenggaraan infrastruktur masih belum sepaham dengan teknis, sehingga kami dampingi terus agar integritas, kapasitas dan kapabilitas mereka terjaga dan meningkat setiap tahun,” paparnya.

“Pembangunan melalui swakelola keterlibatan masyarakat bisa lebih besar, antusias dan rasa memiliki masyarakatnya juga akan tinggi,” kata Reni.

Reni menuturkan, sejumlah wilayah sudah mulai melakukan pekerjaan infrastruktur menggunakan dana kelurahan, termasuk Kecamatan Cipayung. Oleh sebab itu, pihaknya ingin mengecek langsung dokumen akuntabilitas, lokasi, dan kondisi fisik.

“Kegiatan infrastruktur 2023 sudah mulai jalan sebagian, harapannya di tahun ini jauh lebih baik lagi pelaksanaan pembangunan infrastruktur dengan dana kelurahan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Cipayung, Fajar Mei Hendri menyebut, tim pembina mengecek pengerjaan Septictank yang sudah selesai dikerjakan di Kelurahan Cipayung Jaya.

“Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan,” pungkas dia.

Jurnalis: Dewo