DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok merilis logo dan desain Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Kota Depok.

Bagi yang membutuhkan logo tersebut, bisa menggunakan link download logo HUT RI ke-78 di di bawah ini untuk dimasukkan ke proposal lomba dan lain-lainnya.

Tema peringatan HUT RI ke-78 adalah ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’. Logo HUT RI tahun ini memiliki enam makna.

1. Garis Padat Horizontal
Bagian ini simbol dari tongkat estafet yang bermakna ‘teruskan’. Selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa untuk bergotong royong menuju Indonesia maju. Bersinergi dalam satu irama, satu asa, dan satu bangsa.

2. Angka 7 Berbentuk Arah Panah ke Atas

Angka 7 berbentuk arah panah ke atas bermakna gerak maju. Lajunya progresif menuju Indonesia Maju.

3. Lima Garis Melengkung

Lima garis tersebut melambangkan lima sila dalam Pancasila. Pancasila menjadi landasan bernegara dalam proses melaju.

4. Perpaduan Elemen Garis Padat dan Garis-garis

Bentuk solid melambangkan tujuan yang sama. Sementara garis-garis bermakna latar belakang Negara Republik Indonesia yang beragam.

Ekspresi rasa tanggung jawab bersama selayaknya olahraga estafet yang bersifat kolektif, melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju (Bhineka Tunggal Ika).

5. Perpaduan Elemen Garis Padat dan Garis-garis yang Tidak Terputus

Itu melambangkan keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut, dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa, untuk membangun bangsa dan negara yang adil makmur sentosa, bergotong royong menuju Indonesia maju.

6. Bentuk Bulat Angka 8

Bentuk bulat angka 8 merepresentasikan pola pikir global (globalisasi). Pembangunan berorientasi pada kemajuan kesejahteraan rakyat, menghasilkan SDM unggul yang siap berkompetisi di panggung dunia.

Jurnalis: Dewo