Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu. Dok: Hum

PALANGKARAYA –  Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, Kalimantan Tengah terus mendorong iklim investasi di kota setempat.

Karena, berkembangnya investasi secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Iklim investasi diperlukan, namun diharapkan dapat beriringan bersama dalam mewujudkan kesejaheraan masyarakat dan memacu pertumbuhan ekonomi,” ungkap Hera, Minggu (31/7/2023) di Palangka Raya.

Harus disadari lanjut Hera, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka salah satunya yaitu adanya dukungan dari investasi swasta. Karena itulah, Pemko Palangka Raya mendorong jaminan keamanan serta kemudahan investor untuk berinvestasi.

Sementara itu, salah satu yang diharapkan dari kegiatan investasi di Kota Palangka Raya adalah membangun keterpaduan dan konsisten dalam pengembangan pangan, infrastruktur dan energi, penanaman modal yang berwawasan lingkungan (green investment), pemberdayaan UMKM dan promosi penanaman modal.

Adapun untuk mendorong para investor untuk berinvestasi di Kota Palangka Raya, maka sudah barang tentu Pemko Palangka Raya akan menjamin keamanan berinvestasi dan mempermudah segala bentuk perizinan.

Contohnya pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palangka Raya, dimana saat ini mengurus izin usaha bisa melalui Online Single Submission atau OSS.

“Dengan sistem perizinan seperti ini diharapkan efektif mengurangi birokrasi dan mempermudah para investor saat mengurus perizinan,” jelas Hera.

Dia juga menambahkan, adanya kemudahan terhadap iklim investasi, akan berpotensi besar sebagai penunjang pendapatan asli daerah atau PAD. Sebab itu, pemerintah terus melakukan reformasi agar pengurusan ijin lebih mudah bagi para pelaku usaha dan juga investor

Jurnalis: AF