Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok Indra Gunawan. Dok: BPN

DEPOK – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok Indra Gunawan memastikan informasi pengaduan hingga konsultasi terkait permasalahan pertanahan yang diterimanya sudah terverifikasi dan dapat ditindaklanjuti.

Salah satunya, kata Indra, terkait kecepatan penyelesaian konflik dan mediasi permasalahan agraria di Kota Depok. Dimana menurutnya hal itu memerlukan waktu dan koordinasi yang melibatkan semua unsur, baik dengan pemerintah daerah, aparat penegak hukum (APH) sampai Kementerian dan Lembaga.

“Saya pastikan semua kami tindaklanjuti. Tak ada tebang pilih. Bahkan, BPN Kota Depok membuka luas akses aduan melalui layanan situs lapor.go.id, kontak Whatsapp, dan pesan elektronik untuk memudahkan pelaporan permasalahan pertanahan,” jelas Indra Gunawan kepada rekan-rekan media, Jumat (16/6/2023).

Lebih rinci Indra mengatakan, untuk capaian kegiatan pengendalian dan penanganan sengketa di Kantor Pertanahan Kota Depok dalam yang pengkajian 7 kasus, yang masuk dalam penilaian dan kajian hasil penelitian 5 kasus.

Dari verifikasi data tersebut sudah ada 4 kasus yang ditindaklanjuti melalui rapat koordinasi, sementara penyiapan rekomendasi penyelesaian kasus ada 6 kasus.

“Setiap hari, saya dan jajaran BPN Kota Depok menerima pengaduan, konsultasi, sampai mediasi. Dengan waktu dan ruang yang terbatas, kami coba memberikan pelayanan. Ini pengabdian bukan sekadar kerja, problem masyarakat selesai, kami juga ikut bahagia,” kata pria pernah menjabat sebagai Kabag Humas Kementerian ATR BPN itu.

Diakui Indra Gunawan, penyelesaian persoalan agraria, masih menghadapi beberapa tantangan di Kota Depok, terlebih dengan minimnya anggaran untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan personel yang terbatas.

Meski demikian, BPN Kota Depok terus memastikan penyelesaian konflik agraria rampung berdasarkan mengelompokkan tingkat kesulitan kasus.

Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan di atas, pemerintah dan pemangku kepentingan terkait perlu bekerja sama dalam mengimplementasikan kebijakan yang lebih baik dalam pengelolaan pertanahan.

“Termasuk upaya penguatan hukum, pengawasan yang ketat, serta peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga keberlanjutan dan keberfungsian lahan di Kota Depok,” pungkas Indra Gunawan.

Jurnalis: Agung Nugroho