Anggota MPR RI Mamberob Y. Rumakiek melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar kebangsaan bersama dengan Pemuda Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Jemaat Bukit Hermon KM 12 di Kelurahan Klasaman Distrik Sorong Timur, Papua Barat, Jumat (19/5/2023). Dok: ist

JAKARTA – Anggota MPR RI Mamberob Y Rumakiek melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar kebangsaan bersama dengan Pemuda Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Jemaat Bukit Hermon KM 12 di Kelurahan Klasaman Distrik Sorong Timur, Papua Barat, Jumat (19/5/2023).

Pada kesempatan itu, Mamberob menekankan pentingnya memahami Pancasila sebagai ideologi bangsa untuk meningkatkan rasa nasionalisme sesama anak bangsa.

“Pentingnya meningkatkan rasa toleransi serta nilai-nilai luhur budaya bangsa agar kita bisa hidup saling menghargai. Hal ini diperlukan agar mencegah berbagai konflik atau perpecahan atas nama SARA,” kata dia dalam keterangannya.

Menurutnya, ideologi Pancasila adalah senjata ampuh untuk menangkal serangan atau ajaran-ajaran sesat yang ingin untuk menggantikan dasar negara Pancasila dengan paham yang lain.

“Gereja dalam hal ini Pengurus dan Jemaat harus menjadi mitra pemerintah untuk mendidik serta mensosialisasikan masyarakat di Papua Barat agar memahami pentingnya toleransi antar umat beragama dan memupuk nilai-nilai nasionalisme untuk menjaga kesatuan negara Republik Indonesia.,” pungkas dia. (*)