Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara Riksa Budaya Jawa Barat di Jatisampurna, Kota Bekasi. Dok: IP/Dirham

BEKASI – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mendukung adanya wacana pembangunan museum budaya di wilayah Kranggan, Kota Bekasi.

Hal ini dikatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri acara Riksa Budaya Jawa Barat di Jatisampurna, Kota Bekasi.

“Aspirasi membangun museum budaya di Kranggan, Insya Allah kami (Pemrov Jabar) ikhtiarkan. Tinggal cari tanahnya dimana, Panjang kali lebarnya berapa. Saya yang orat- oret (rancang) sebagai arsiteknya,” ucap Ridwan Kamil dalam sambutan acara di Kampung Adat Kranggan, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/10/2022).

Dia menyampaikan, tidak lama lagi Pemerintah Jawa Barat bersama Pemerintah Kota Bekasi akan mewujudkan pembangunan museum budaya tersebut.

Lurah Jatirangga, Ahmad Afandi mengucapkan rasa terima kasih atas kehadiran Ridwan Kamil dan Plt Wali Kota Bekasi Tri Ardhianto di acara Riksa Budaya Kampung Kranggan.

Dia menyambut baik dukungan dari Pemprov Jabar terkait rencana dibangunnya museum budaya Kampung Kranggan

“Tadi Pak Gubernur dan Plt Wali Kota, mencanangkan buat museum di Kranggan. Semoga cepat teraliasi,” pungkas dia.

Sebagai informasi, Kampung Kranggan diperkirakan mulai dibangun sekitar abad 15 Masehi. Abah Olot, selaku pemuka kampung merupakan keturunan yang kesembilan dari pendiri desa.

Masyarakat masih meyakini leluhur warga Kampung Adat Kranggan adalah keturunan Prabu Siliwangi Raja Pajajaran yang mengungsi ke wilayah Bogor, Bekasi, Cirebon dan Banten.

Jurnalis: Dirham