Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Tangerang selatan Horison Mocodompis. Dok: IP/Agung

SERPONG – Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tangerang Selatan pada tahun 2022 saat ini melaksanakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sekitar 500 bidang tanah.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Tangerang selatan Horison Mocodompis saat di wawancarai di Kantor Pertanahan, Tangerang Selatan, Selasa (23/8/2022).

“PTSL ini difokuskan sekitar 500 bidang tanah yang tersebar di wilayah kecamatan Serpong. Oleh sebab itu, PTSL ini berisfat sistematis tidak boleh menyebar kemana-mana, harus mengelompok ke daerah pesisir dahulu,” ujarnya.

Dia juga mengatakan ketika daerah tersebut sudah lengkap barulah berpindah ke daerah lainnya. Namun tidak sebanyak tahun lalu jumlah PTSL.

“Pihak pertanahan Tangerang Selatan mempunyai target yang tahun ini sekitar 500 bidang. Karena telat mencapai targetnya disebabkan oleh beberapa faktor yakni anggarannya,” ungkap Horison

Dia menjelaskan saat ini sudah menyelesaikan sekitar 180 bidang tanah sudah disertifikatkan dan dibagikan ketika moment HUT RI Kemerdekaan.

“Target kita untuk PTSL bulan Oktober harus sudah diselesaikan sekitar 500 bidang tanah. Berharap semua bisa terselesaikan dan memberikan kepastian hukum kepada masyarakat Tangerang Selatan,” ucap Horison.

Jurnalis: Agung Nugroho