Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Cimahi. Dok: IP/Dewo

CIMAHI – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Cimahi, Jawa Barat menargetkan 500 bidang tanah agar tersertifikasi melalui Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tahun 2023

Hal ini diungkapkan Yoga Suwarna Kepala BPN Kota Cimahi kepada Indonesiaparlemen.com dalam sesi wawancara eksklusif, Jumat (7/7/2023).

“PTSL ini untuk tahun 2023 kita targetkan 500 bidang tanah yang disertifikasi namun karena adanya Automatic Adjusment nambah jadi 1000 bidang tanah untuk Kota Cimahi.” katanya kepada Indonesiaparlemen.com.

Yoga menuturkan dalam pemotretan lahan BPN Kota Cimahi menargetkan 500 Hektar akan tetapi dengan adanya Automatic Adjusment menjadi 1.500 Hektar.

“Kalau untuk pemotretan kita menargetkan 500 Hektar namun dengan adanya Automatic Adjusment tadi bertambah menjadi 1500 Hektar.” Tutur Ucap Yoga.

Dengan cita-cita ingin menjadi Kota Lengkap PTSL, BPN Kota Cimahi membuat kolaborasi dalam pemotretan lahan yang bekerjasama dengan Dinas PUPR dan Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Kita BPN Cimahi melakukan kerjasama kepada pemerintah kota dalam hal ini Dinas PUPR dan juga gandeng LPM ITB untuk pemotretan lahan seluruh Kota Cimahi dan Alhamduliah terpenuhi 4.260 Hektar.” Kata Yoga.

Yoga menjelaskan, diperlukan partisipasi masyarakat untuk melakukan pemotretan bidang tanah sebagai identifikasi.

“Tapi balik lagi dengan anggaran yang terbatas pada BPN Kota Cimahi hanya bisa menerbitkan 500 Bidang Sertifikat,” ucap Yoga.

Mensiasati terbatasnya anggaran menuju Kota Lengkap, BPN Kota Cimahi berkolaborasi dengan Pemerintah Kota lagi khususnya Badam Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Cimahi.

“Dalam hal ini saya mensiasati kembali berkolaborasi dengan Pemkot yaitu Bapenda, dimana Kami (BPN Kota Cimahi) mempunyai data pemotretan lahan lengkap tadi yang bekerjasama juga dengan LPM ITB melalu Foto udara. Jadi Bapenda Update PBB satu Kota Cimahi, Lengkap Jadi 4260 Hektar,” jelas Yoga.

Apabila semua terpenuhi, kata Yoga, proses selanjutnya masuk ke Kota Bidang Klarifikasi agar memastikan semua tidak ada masalah lanjutan.

“Setelah itu selesai semua, baru selanjutnya kita masuk tahap Peta Bidang Klarifikasi jadi yang udah di identifikasi di umumkan agar tidak ada masalah lagi semua akan kita umumkan di setiap RT, RW dan kelurahan.” Katanya.

Yoga berharap dengan kolaborasi bersama Pemkot, BPN Kota Cimahi bisa terbitkan 1.000 Bidang sertifikat tanah di Kota Cimahi.

“Kita berharap untuk bisa selesai di tahun 2023 ini,” pungkas dia.

Jurnalis: Dewo