PALANGKARAYA – Beberapa hari sebagian wilayah Kelurahan Petuk Katimpun, Kota Palangka Raya terendam air akibat meluapnya air Sungai Rungan dan Sungai Kahayan.

Biasanya akibat adanya banjir musiman ini kondisi kesehatan masyarakat juga rentan terserang berbagai penyakit, karena adanya perubahan cuaca yang cukup dingin.

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan itu, maka tim dari UPTD Puskesmas Jekan Raya selama dua hari memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis.

Pelayanan dilakukan di rumah warga setempat pada Jumat (8/12/2023), dengan memberikan pelayanan terhadap 10 orang warga.

“Dari 10 orang yang kita periksa ini lima orang di antaranya mengalami hipertensi dan lainnya seperti obesitas Febris satu kasus, myalgia satu kasus dan penyakit kulit skabies satu kasus,” sebut Kepala UPTD Puskesmas Jekan Raya, Haryadi, Minggu (10/11/2023) pagi.

Selanjutnya pemeriksaan yang dilakukan Sabtu (9/12/2023) dilakukan terhadap 27 orang warga. Dari 27 orang ini kasus terbanyak adalah ISPA sebanyak 15 kasus.

Lainnya Myalgia empat kasus, Cepalgia tiga kasus, Dispepsia dua kasus, Hipertensi satu kasus, penyakit kulit empat kasus, faringitis satu kasus, dan konjungtivitis satu kasus.

Haryadi menegaskan pihak Nakes akan terus memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada warga yang wilayahnya saat ini terendam banjir.

Jurnalis: AF