JAKARTA – Pj Walikota Palangka Raya, Hera Nugrahayu menandatangani MoU dengan Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dam Kehutanan (KLHK) di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Hera menyebutkan bahwa MoU tersebut tentang peningkatan kapasitas pengelolaan sampah melalui pengembangan fasilitas pusat daur ulang (PDU) kapasitas 10 ton/hari di Kota Palangka Raya.

Selain menandatangani MOU, dalam kesempatan tersebut juga dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Direktur Penanganan Sampah KLHK, Novrizal Tahar dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini.

Kepala DLH Kota Palangka Raya Achmad Zaini menyebutkan pembangunan PDU tersebut diperkirakan selesai awal Desember 2023 ini, untuk selanjutnya dioperasikan oleh DLH Kota Palangka Raya.

“Harapan saya pembangunan PDU sampah ini dapat berjalan lancar dan tepat waktu sehingga segera dapat kita operasikan demi mewujudkan pengurangan sampah 30 persen pada 2025,” tandasnya.

Jurnalis: AF