PALANGKARAYA – Petugas dari Tim BPBD Kota Palangka Raya, Kalimantan Selatan kembali melakukan pembersihan sejumlah saluran drainase. Kali ini, pembersihan saluran drainase diakukan di Jalan G Obos 10 A Palangka Raya, Sabtu (25/11/2023).

Adapun kegiatan pembersihan saluran drainase ini dipimpim langsung oleh Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Berlianto dan diikuti oleh babinsa dan bhabinkamtibmas setempat.

Berlianto menyebutkan, pembersihan saluran drainase atau selokan ini merupakan upaya dalam mencegah serta menanggulangi terjadinya banjir saat memasuki musim penghujan.

“Jika saluran drainase ini tersumbat maka dapat menyebabkan air tidak dapat mengalir dengan lancar, sehingga dapat menyebabkan genangan air dan banjir terutama ketika terjadi hujan lebat. Oleh sebab itu, hal ini perlu kita tanggulangi dengan cara membersihkannya,” kata Berlianto.

Menurutnya pembersihan saluran drainase merupakan langkah yang sangat penting dalam menanggulangi banjir. Selain itu, pembersihan saluran drainase ini juga guna menjaga kebersihan lingkungan dan mencegah timbulnya masalah kesehatan masyarakat.

“Jadi selain mencegah terjadinya banjir, pembersihan saluran drainase ini kita lakukan juga guna mencegah timbulnya penyakit seperti DBD dan penyakit lainnya,” tutupnya.

Jurnalis: AF