PALANGKARAYA – Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Berlianto mememinta agar masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan saat memasuki musim penghujan seperti yang terjadi sekarang ini terutama terhadap pohon tumbang.

“Jika terjadi hujan lebat yang disertai dengan angin kencang usahakan untuk mencari tempat berteduh yang aman, jangan sesekali berteduh di bawah pohon karena ini sangat membahayakan keselamantan diri,” kata Berlianto, Minggu (26/11/2023).

Berlianto menyebutkan, di wilayah Kota Palangka Raya sendiri jika terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang, beberapa pohon kerap kali mengalami tumbang. Bahkan pohon-pohon yang tumbang ini kebanyakan posisinya berada di tepi jalan umum yang tentunya sangat berbahaya bagi pengguna jalan yang melintas.

“Seperti yang terjadi tadi malam, Sabtu (25/11/2023) akibat hujan disertai angin kencang setidaknya ada sekitar 13 pohon tumbang di lokasi yang berbeda, untung saja peristiwa tersebut tidak sampai menelan korban jiwa, namun akibat kejadian ini setidaknya satu buah ruko dan mobil pick up rusak akibat tertimpa pohon tumbang tersebut,” ungkapnya.

Selanjutnya, Berlianto meminta kepada warga apabila menemukan pohon rawan tumbang agar segera melapor baik itu ke layanan 112 ataupun langsung ke pihaknya agar segera dievakuasi dan tidak membahayakan masyarakat.

Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat agar memperhatikan peralatan listrik di rumahnya masing-masing, karena apabila sampai rumah ini tergenang dan mengenai peralatan listrik elektronik dan sebagainya maka akan menimbulkan potensi konsleting yang bisa menyebabkan kebakaran.

“Jadi saya minta saat musim penghujan seperti yang terjadi sekarang ini, kita selalu waspada tak terkecuali untuk peralatan elektronik agar diperhatikan sebaik mungkin demi keselamatan bersama,” tutupnya.

Jurnalis: AF