PALANGKARAYA – Tim BPBD Kota Palangka Raya bekerja keras menangani dampak cuaca ekstrem yang melanda kota setempat, Sabtu (25/11/2023) malam.

Sebanyak 12 laporan pohon tumbang dilaporkan masyarakat akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi.

Tim BPBD segera merespon semua laporan tersebut dengan cepat. Puluhan petugas dikerahkan untuk membersihkan area yang terdampak pohon tumbang dan mengamankan lingkungan sekitar.

Plt BPBD Kota Palangka Raya, Berlianto menyampaikan bahwa tim BPBD terus memantau situasi cuaca dan siaga 24 jam untuk merespon potensi dampak lebih lanjut. Tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian ini, namun kejadian pohon tumbang ini menyebabkan beberapa ruas jalan menjadi terhambat.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan kejadian darurat secepatnya. Kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat sangat dibutuhkan dalam mengatasi kejadian ini,” ujar Berlianto.

Saat ini Pemerintah Kota Palangka Raya melalui BPBD terus melaksanakan penanganan bencana dengan dengan melaksanakan kegiatan pembersihan drainase dan pemotongan pohon rawan tumbang untuk mengantisipasi terjadinya bencana saat terjadi cuaca ekstrem.

“Cuaca ekstrem seperti ini menjadi peringatan bagi seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan persiapan dalam menghadapi kondisi darurat. Pemerintah berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas tanggap bencana guna melindungi keselamatan dan keamanan warga Kota Palangka Raya,” tutupnya.

Jurnalis: AF