PALANGKARAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perikanan Kota kembali melakukan restocking atau pelepasliaran benih ikan di Danau Tundai Kecamatan Sebangau, Kalimantan Tengah, Kamis (23/11/2023).

Kegiatan restocking ini dipimpin langsung Kepala Dinas Perikananan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi yang didampingi Lurah, tokoh masyarakat dan Pokmwas setempat.

Indriarti Ritadewi menyebutkan bahwa kegiatan restocking ini memang rutin dilaksanakan oleh Pemko Palangka Raya untuk menjaga keberadaan dan kelestarian ikan lokal di perairan Kota Palangka Raya.

“Restocking ini rutin kita laksanakan setahun dua kali, kemarin di Danau Tahai dan Danau Hanjalutung dan hari ini kita laksanakan di Danau Tundai yaitu dengan menebar sebanyak 14 ribu benih ikan gabus,” kata Indri.

Indri menyebutkan bawa restocking benih ikan lokal ini memang dilakukan di semua perairan di Lima Kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya. Namun untuk pelaksanaanya dilakukan secara bergiliran.

“Tidak hanya di Danau Tundai, Danau Hanjalutung dan Danau Tahai saja, penebaran benih ikan ini kita laksanakan di semua perairan di lima Kecamatan di Kota Palangka Raya. Terlebih kita juga setiap tahunnya mendapatkan bantuan benih ikan dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Mandiangin Kalimantan Selatan,” tutupnya

Jurnalis: AF