Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan. Dok: ATR/BPN

DEPOK – Sebuah rumah mencuat menjadi viral di media sosial saat berdiri di tengah proyek pembangunan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago), Kota Depok, Jawa Barat beberapa hari terakhir.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Indra Gunawan mengungkapkan adanya perbedaan bidang tanah antara fisik dan alas hak yang harus diselesaikan dan memerlukan waktu.

“Viralnya rumah sendirian di tengah tol di media sosial dapat diselesaikan secara tuntas. Seluruh ahli waris telah mengambil uang ganti kerugian dengan nilai yang telah ditetapkan pada Senin 24 Juli 2023,” kata Indra Gunawan.

Indra menjelaskan, komitmen yang tinggi dari pemilik bidang tanah dan seluruh ahli waris terhadap jalannya proyek strategis nasional (PSN) membuat seluruh hambatan akhirnya cepat diselesaikan.

Indra Gunawan menambahkan, Kota Depok sebagai salah satu kota satelit di sekitar Ibu Kota Jakarta, telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa dekade terakhir.

“Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas antara dua wilayah tersebut, serta mengurangi beban lalu lintas di jalan-jalan arteri utama. Dengan menghubungkan dua kawasan penting ini, diharapkan pula dapat mendorong perkembangan ekonomi dan investasi di wilayah Depok dan sekitarnya,” jelas Indra.

Namun, kata Indra, seiring dengan kompleksitas pembangunan infrastruktur yang besar, proyek tol Cijago menghadapi beberapa tantangan yang tidak bisa dianggap remeh.

“Berbagai kendala seperti pembebasan lahan, analisis dampak lingkungan, dan meng-akomodiir berbagai pemangku kepentingan termasuk lintas instansi/stake holder, swasta, masyarakat dan tentunya Pemerintah harus diselesaikan secara cermat dan berkelanjutan,” terang Indra.

Jurnalis: Agung Nugroho