Sigit Rachmawan Adhi Kepala Kantor Pertanahan Kota Semarang. Dok: IP/Agung

SEMARANG – Dalam melayani masyarakat di bidang pertanahan, Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Semarang membuka pelayanan pertanahan pada hari Sabtu atau program Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan (Pelataran).

Terkait program Pelataran di Kantah Kota Semarang, Sigit Rachmawan Adhi Kepala Kantor Pertanahan Kota Semarang mengatakan program Pelataran di Kantah Kota Semarang yang dilaksanakan hari Sabtu mengundang antusiasme dari masyarakat khususnya para pemohon langsung.

“Hari Sabtu itu pun, rata-rata sekitar 20 sampai 25 untuk pelayanan, artinya masyarakat antusias untuk mengurus bidang tanahnya ke kita,” kata Sigit kepada Indonesiaparlemen.com, dalam wawancara eksklusif di Kantornya, Jumat (14/7/2023).

Selain Pelataran, Kantah Kota Semarang juga memiliki layanan prioritas yaitu pelayanan manual dan juga pelayanan elektronik.

Untuk di Kantah Kota Semarang, Sigit Menyebutkan ada 13.000 layanan yang masuk setiap bulannya.

“Di Kantah Kota Semarang itu jumlahnya sekitar 13.000 layanan setiap bulannya, untuk elektronik sekitar 60 persen lebih dan yang masih manual sekitar 4.000 layanan,” tuturnya.

Sigit menegaskan jika pelayanan di Kantah Kota Semarang harus sesuai SOP untuk mengerjakannya.

“Jadi untuk pelayanan di pertanahan yang paling lamakan permohonan SK itu sekitar 30 hari, setelah itu pemecahan sekitar 25 hari, selebihnya pelayanan lain seperti layanan prioritas di bawah 7 hari,” ucapnya.

Maka dari itu, untuk Kantah Kota Semarang menurut Sigit sudah mendekati SOP pelayanan ke masyarakat.

“Kita sudah melakukan pelayanan Prima untuk masyarakat, untuk semua itu kita sudah melakukan sesuai prosedur dalam pengerjaannya.” ucapnya.

Jurnalis: Dewo