Kendaraan arus mudik

SEMARANG – Jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Polda Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan lima jalur arus mudik. Kelima jalur yang disiapkan itu diantaranya adalah jalur tol, jalur Pantura, jalur Tengah, jalur Selatan, dan jalur Pantai Selatan.

Di sepanjang 5 jalur itu, Polda Jateng telah menyiapkan 252 pos pengamanan.

“Kami siapkan 5 jalur yang bisa dilewati. Mulai tol, pantura, tengah, selatan dan pantai selatan. Semua jalur kami kelola,” kata Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, pada Senin (19/12/2022) siang.

Kombes Pol Agus Suryo Nugroho menjelaskan, nantinya pihaknya juga menyiapkan sejumlah skenario rekayasan arus lalu lintas, jika terjadi penumpukan kendaraan di lima jalur tersebut.

“Kita siapkan skenario rekayasa arus lalu lintas jika nanti yang dari arah barat atau Jakarta padat. Misalnya kita akan dilakukan one way, contraflow atau pengalihan, demi kelancaran arus lalu lintas,” tambahnya.

Dirlantas juga menjelaskan pada level lokal, pihaknya juga menyiapkan sejumlah kebijakan lokal, seperti membuat jalan tol satu arah dari Semarang ke Solo, jika nanti dirasa terjadi kepadatan arus kendaraan.

“Kami prediksi pada tanggal 23 dan 24 Desember akan ada kepadatan arus lalu lintas, makanya nanti kita lakukan kebijakan lokal yaitu pemberlakukan one way di Tol Semarang-Solo,” ucap Dirlantas.

Tak hanya jalur-jalur yang akan dilewati pemudik selama libur Natal dan Tahun Baru untuk perjalanan ke kampung halaman. Namun juga jalur-jalur menuju tempat-tempat wisata.

Sementara, Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol, Firly Ruspang Samosi menambahkan, polisi juga mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas.

“Masyarakat tenang dulu. Umat nasrani dan semua yang menyambut akhir tahun dan awal tahun, aman. Kita akan jaga dari orang-orang tertentu yang mencoba menggangu stabilitas nasional. Di satuan kerja sudah pasti melakukan pengamanan, termasuk kegiatan rutin yang ditingkatkan. Seperti patrol dari pihak kepolisian dan TNI, serta semuanya berjaga,” sebut Kombes Pol Firly Ruspang Samosi.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan telah menyebut jika aka nada sekitar 21.5 juta orang yang akan masuk ke wilayah Jateng selama libur natal dan tahun baru.