PALANGKARAYA – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Barito Utara Dewi Handayani berterima kasih kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah yang memfasilitasi terselenggaranya kegiatan Pelatihan Pengolahan Pangan & Packaging dan Pelatihan Anyaman Rotan & Kulit.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Barito Utara, Jumat, 4 Oktober sampai 10 Oktober 2024.

“Kabupaten Barito Utara memiliki sejumlah potensi yang dapat  dikembangkan. Namun karena masih minimnya inovasi, promosi dan kreatifitas dari para pelaku usaha industri kreatif, membuat segala potensi yang kita miliki sulit untuk maju dan berkembang. Apalagi untuk dapat bersaing secara global dari segi kualitas tidak kalah dengan produk-produk daerah lainnya,” kata Dewi.

Menurutnya Pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan bagi Industri Kecil Menengah (IKM) dalam hal finishing produk rotan dengan baik dan mengkreasikan packaging yang menarik.

Dewi juga berharap kepada seluruh peserta agar dapat meningkatkan kompetensinya, sehingga mampu berinovasi dan bersaing dalam menghasilkan, mempromosikan maupun memasarkan produk-produk.

“Sehingga akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku usaha industri kecil dan menengah itu sendiri,” ucap dia.

Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah Rangga Lesmana menyampaikan jika kegiatan pelatihan tersebut untuk melahirkan para wirausahawan yang memiliki kearifan lokal guna menghasilkan produk yang berkualitas, memiliki daya tarik dan daya saing di pasar nasional maupun global.

“Pemberdayaan terhadap industri kecil dan menengah menjadi sesuatu yang penting dan bernilai strategis. Dimana industri kecil menengah memiliki peran yang sangat signifikan dalam penguatan struktur ekonomi nasional, pengentasan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja,” ujar Rangga kepada Indonesiaparlemen.com

Jurnalis: AF