PALANGKARAYA – Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah memamerkan produk inovatif di sektor gaya hidup, kado dan interior pada ajang The 5th Lifestyle Week Osaka (Gift and Interior Expo) di Osaka Jepang.

Pendelegasian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Tengah merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk yang khusus nya berbasis kerajinan tangan. Salah satunya yakni rotan serta produk interior yang mencerminkan kekayaan budaya lokal.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah memamerkan produk inovatif di sektor gaya hidup, kado dan interior pada ajang The 5th Lifestyle Week Osaka (Gift and Interior Expo) di Osaka Jepang.

Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah Rangga Lesmana mengatakan kesempatan strategis dalam kegiatan tersebut untuk membuka akses pasar internasional bagi produk-produk lokal.

“Keikutsertaan Kalimantan Tengah di Pameran Internasional ini merupakan wujud komitmen kami dalam mendukung peningkatan daya saing produk daerah di kancah global,” ujar nya.

Dia juga berharap melalui kegiatan ini Kalimantan Tengah dapat membuka peluang ekspor baru serta memperluas jaringan dengan pelaku industri kreatif dari berbagai negara.

Rangga berharap melalui ajang tersebut, Dinas Perdagangan dan Perindustrian bisa menjalin kerjasama dengan distributor dan pengusaha di Jepang.

“Harapan kami Kalimantan Tengah dapat lebih di kenal di pasar internasional,terutama di Jepang yang memiliki pasar potensial untuk produk-produk ramah lingkungan dan berbasis bahan alami seperti rotan,” ungkap nya.

Diketahui The 5th Lifestyle Week Osaka (Gift and Interior Expo) 2024 merupakan pameran tahunan terbesar di Jepang yang mempertemukan ribuan pelaku industri dari berbagai negara,mulai dari desainer interior, pengrajin,hingga produsen barang-barang gaya hidup.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berharap dapat menciptakan peluang baru bagi produk-produk lokal untuk dapat bersaing di pasar internasional dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah secara berkelanjutan.

Jurnalis: AF