PALANGKARAYA – Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah Rangga Lesmana membuka secara resmi kegiatan bimbingan teknis pelaporan data industri melalui Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas), Kamis (19/9/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh 26 perusahaan besar yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan penggunaan akun SIINas melalui aplikasi web sistem informasi industri nasional untuk perusahaan skala besar di Kalimantan Tengah.

Selain itu juga meningkatkan pengetahuan peserta tentang tata cara pengisian laporan semester tahap produksi melalui SIINas.

Rangga Lesmana menyampaikan pentingnya pelaporan data industri untuk perusahaan berskala besar di Provinsi Kalimantan Tengah.

Karena, berdasarkan baru ada 55 perusahaan yang sudah menyampaikan laporan tahap produksi periode semester 1 Tahun 2024 dari 133 perusahaan besar yang masuk di SIINas.

“Penyampaian laporan data industri yang baik sangat penting untuk mendukung perencanaan dan pengambilan kebijakan yang tepat sasaran. Serta dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman para pelaku industri mengenai pentingnya pelaporan melalui SIINas,” kata Rangga di Swiss Bell Hotel Danum, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (19/9/2024) .

Rangga juga menghimbau dengan adanya kegiatan bimbingan teknis ini, diharapkan para pelaku industri di Kalimantan Tengah dapat lebih optimal dalam melaporkan data industri melalui SIINas.

“Hal ini diharapkan dapat mendukung pengembangan industri di daerah serta mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan,” pungkas dia.

Jurnalis: AF