PALANGKARAYA – Universitas Palangka Raya menggelar acara pengukuhan dan penyerahan sertifikat pendidik guru profesional mahasiswa PPG Prajabatan, Sabtu (14/9/2024). Pengukuhan ini diikuti oleh 47 peserta yang lulus Gelombang 1 Tahun 2023.

Rektor Universitas Palangka Raya Prof. Salampak mengucapkan selamat atas keberhasilan peserta menjadi seorang guru yang profesional dan memberi pesan agar bisa membimbing anak-anak didik menjadi orang hebat di masa depan.

“Menjadi guru profesional itu harus sabar dan berintegritas,” kata Salampak.

Menurut Salampak sikap dan karakter itu penting bagi seorang guru. Karena, karakter harus ditularkan ke anak didik.

Tujuan penyelenggaraan program PPG prajabatan adalah dalam rangka menghasilkan guru profesional yang beradab, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif serta berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

:Untuk diketahui, ada 2(dua) jenis PPG yaitu Program PPG Prajabatan yang diperuntukkan bagi lulusan sarjana atau sarjana terapan maupun Diploma 4 dari jurusan pendidikan atau non kependidikan dengan program terdiri dari perkuliahan, praktik kerja lapangan, proyek kepemimpinan dan pendampingan.,” terang dia.

Sedangkan PPG dalam Jabatan diperuntukkan bagi guru yang sudah aktif mengajar di sekolah dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi guru.

Dalam acara ini hadir sebagai narasumber Kepala Seksi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan SD Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Muzdalifah yang memberikan materi tentang Guru di Kota Palangka Raya.

Jurnalis AF