CIANJUR – Warga di pesisir Pantai Selatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dihebohkan dengan banyaknya ikan di laut yang melompat ke daratan.

Dikutip dari Kumparan, seorang nelayan pesisir Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, Nana (34 tahun), mengatakan fenomena yang terjadi sejak beberapa hari terakhir itu menjadi berkah tersendiri bagi nelayan dan warga setempat.

Nana menyebutkan ribuan ikan laut jenis Sardinia atau sarden itu berloncatan ke daratan pada malam hari.

“Jenisnya Sardinia, tapi kalau warga di sini menyebutnya Ikan Tanyang. Ribuan ikan yang berloncatan ke darat, dan menjadi berkah tersendiri bagi kita,” jelasnya.

Dalam semalam, kata Nana, setiap warga bisa mendapatkan ikan hingga lebih dari 20 kilogram.

“Nelayan gak usah melaut, cukup memunguti di pinggiran pantai saja hasilnya bisa sampai puluhan kilogram. Sejak fenomena ini, pesisir pantai selalu ramai oleh nelayan dan warga,” ujarnya.

Nana mengaku tidak tahu persis penyebab dari fenomena ini, namun menurut dia, pemandangan ini bukan kali pertama terjadi di wilayahnya.

“Biasanya kalau musim pancaroba seperti sekarang ini. Biasa naiknya itu mulai siang hingga malam, saat matahari tenggelam itu yang paling banyak ikan naik ke daratan,” ungkap dia.

Selain untuk konsumsi, sambung Nana, hasil tangkapannya juga untuk dijual ke bandar ikan.
“Tengkulak atau bandar biasa menerima dengan harga Rp 15.000 per kilogramnya. Ini berkah di saat kondisi cuaca dan gelombang tinggi,” ujarnya.