PALANGKARAYA – Universitas Palangka Raya berdayakan peternak ikan desa Tuwung kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau melalui teknologi pakan ikan mandiri. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dosen dari program studi Kimia Fakultas Matematika dan ilmu pengetahuan alam,dan program studi ekonomi pembangunan, fakultas ekonomi bisnis.

Ketua Kelompok Usaha Perikanan (KUPS) Joko Sosilo mengungkapkan bahwa kelompok ini membutuhkan inovasi dalam pembuatan pakan ikan yang lebih efesien dan ekonomis.

“Kami menyadari bahwa pakan merupakan komponen biaya terbesar dalam budidaya ikan.dengan adanya teknologi ini kami berharap dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan hasil panen,” kata Joko.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dilakukan pengumpulan bahan baku berupa limbah ikan motan dari perairan danau Hukuk dan limbah sayuran dari rumah tangga desa Tuwung.

Kedua jenis limbah ini dipilih karena ketersediaannya yang melimpah dan potensinya sebagai bahan baku pakan berkualitas.

“Dengan memanfaatkan limbah yang ada disekitar kita kami dapat mengurangi ketergantungan pada bahan baku komersial dan memproduksi pakan secara lebih berkelanjutan”.tambah joko

Tim dosen merancang alat mixer yang mampu mencampur bahan bahan pakan dengan baik sehingga sehingga dapat di cetak menjadi pelet ikan lele yang homogen.inovasi alat ini merupakan kunci utama dalam memastikan efisiensi produksi pakan dan kualitas yang konsisten.

Ketua pelaksana kegiatan Marvin Horale Pasaribu berharap dengan adanya alat mixer ini,KUPS dapat memproduksi pakan berkualitas dengan lebih mudah dan efisien.

“Teknologi ini dirancang untuk dapat di gunakan oleh kelompok – Kelompok usaha kecil seperti KUPS Tuwung,sehingga mereka dapat meningkatkan kapasitas produksi mereka,” ucap dia.

Kegiatan ini berlangsung dalam dua tahap yaitu tahap pertama komunikasi intensif dengan kelompok usaha Perikanan (KUPS) dan lembaga Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) berlangsung dari tanggal 27 Juli hingga 10 Agustus dan tahap kedua yaitu pembuatan alat mixer yang berlangsung dari tanggal 11 Juli Hingga 20 Agustus 2024.

Jurnalis: AF