PALANGKARAYA – Warga di Bukit Raya XV Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengeluhkan kondisi jalan lingkungan yang rusak parah.

Dari pantauan di lokasi, nampak jalanan dipenuhi lubang besar.

“Jalan ini cukup parah apalagi saat musim hujan kita kesulitan bepergian karna lubang nya menjadi kolam, Kami berharap ada keseriusan pemerintah kota untuk memperbaiki jalan ini,” kata Prim salah satu warga setempat Selasa (23/7/2024).

Menurutnya kerusakan akses jalan di lingkungan tersebut sudah lama rusak dan tidak diperbaiki hingga saat ini.

Prim juga berharap pemerintah daerah berupaya melakukan perbaikan akses jalan ini.

Sementara itu sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palangka Raya, Fahrial Anchar optimistis nilai kemantapan jalan akan melebihi target nasional pada akhir 2024.

Fahrial mengungkapkan peningkatan akan dilakukan di Jalan Cristian Tuwan Kilometer 7 RTA Milono, Jalan Dunis Tuwan Kilometer 10 Petuk Ketimpun, Jalan Karya Sidomulio Tb Tahai, Jalan G Obos VI Gang 17 serta Gang 15, Jalan Menteng IX serta XX, Jalan Veteran, dan Jalan Kapur Naga I.

Dan untuk rehabilitasi akan dilakukan di Jalan Kiwi, Jalan Cucak Rowo, Jalan Sabaru, Jalan Garuda II, Jalan Garuda III, Jalan Garuda VII, Jalan Garuda XI, Jalan Bukit Raya XV, dan Jalan Sam Ratulangi.

“Rekonstruksi jalan yang masuk Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit 2023 serta DAK 2024 akan melibatkan pemeliharaan rutin, berkala, dan peningkatan di Jalan E. A. Toewak, Jalan Takaras Mangku Baru Kilometer 79, serta rehabilitasi Jalan Trans Habaring Hurung,” jelasnya. Sabtu (20/7/2024)

Jurnalis: AF