PALANGKARAYA – Universitas Palangka Raya (UPR), mendapatkan penghargaan capaian indikator kinerja utama (IKU) tahun 2024 dari kementerian pendidikan, kebudayaan,riset dan teknologi (Kemendikbud Ristek) ,Kamis (18/7/2024).

Penghargaan atas pencapaian IKU disalurkan dalam bentuk insentif menggunakan anggaran tahun 2024 Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan teknologi (Dikti Ristek) yang di dasari pada penilaian kinerja tahun 2023.

Rektor UPR Salampak menyampaikan apa yang di raih ini merupakan prestasi yang luar biasa karena  keunggulan IKU ini didapat di tahun pertama UPR bersaing di liga PTN BLU yang sebelumnya berada di liga PTN SATKER.

“IKU ini merupakan sesuatu yang sangat penting dalam mengevaluasi kinerja perguruan tinggi di Indonesia dan mengukur kemajuan yang telah di capai, karena dapat membantu mengevaluasi sejauh perguruan tinggi telah mencapai tujuan yang telah di tetapkan,” ujar nya

Dia juga mengatakan sistem pengukuran ini membantu perguruan tinggi untuk memperbaiki diri di masa depan dalam berbagai bidang. Sehingga dapat menghasilkan kebijakan strategis dalam meningkatkan daya saing perguruan tinggi di tingkat nasional dan internasional.

Prof Salampak di kesempatan yang sama juga menyampaikan apresiasinya atas semua pihak yang sudah mendukung UPR.

Perolehan keunggulan IKU tahun 2024 ini bukan pertama yang di dapat oleh UPR, Bahkan sudah menjadi fokus dan atensi utama semenjak Prof.Salampak menjabat sebagai wakil rektor bidang akademik.

Jejak capaian keunggulan IKU UPR dapat di lihat dalam data berikut :

Plt. Sekretaris Dirjen Diktiristek Tjitjik Sri Tjahjandarie menyampaikan apresiasinya atas capaian yang di lakukan Universitas Palangka Raya.

“Walaupun saat ini UPR sudah bersaing dalam liga PTN BLU tetap bisa mempertahankan kinerja IKU saat masih di PTN Satker,yaitu tetap memperoleh penghargaan di kategori IKU 3 dan IKU 7,” jelas dia.

Hal senada juga diungkapkan Direktur kelembagaan Dirjen Diktiristek Bhimo Widyo Andoko yang juga ketua dewan pengawas BLU UPR menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya terhadap pencapaian UPR dalam Penilaian IKU.

“Tentunya ini akan menjadi semangat bagi civitas akademika Universitas Palangka Raya dalam mencapai penilaian IKU yang lain di masa akan datang,” jelas dia

Jurnalis: AF