SORONG – Anggota MPR RI Pdt. Mamberob Y. Rumakiek melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama jemaat GKI Klasis Kabupaten Sorong, Papua, Jumat (10/5/2024).

Sosialisasi empat pilar ini meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka tunggal Ika adalah agenda rutin tahunan yang diselenggarakan para anggota MPR di daerah pemilihan. Dan kegiatan ini adalah kegiatan yang ketiga pada tahun 2024

“Kegiatan Sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman Pancasila sebagai ideologi Bangsa serta untuk meningkatkan rasa nasionalisme sesama anak bangsa,” kata Mamberob saat memberikan materi.

Pada kesempatan itu, Mamberob juga mengingatkan pentingnya memahami Bhineka Tungga Ika dalam penerapannya di kehidupan bermasyarakat.

“Pemahaman tentang toleransi penting karena dapat menciptakan lingkungan yang harmonis, damai, dan inklusif. Dengan toleransi, konflik akibat perbedaan dapat diminimalkan dan kerjasama serta kedamaian sosial dapat ditingkatkan,” jelas dia.

Menurutnya, gereja juga harus mampu untuk menangkal masuknya paham-paham radikal yang dapat memecah belah anak bangsa khususnya di Kabupaten Sorong.

“Pemahaman tentang ideologi Pancasila yang baik menjadi salah satu senjata ampuh untuk menangkal serangan atau ajaran-ajaran sesat yang ingin untuk menggantikan dasar negara Pancasila dengan paham yang lain,” ujar dia.

Dia juga mengimbau pemuda dan remaja gereja untuk menjauhi minuman keras dan narkoba.

Pengaruh miras dan narkoba sangat merugikan semua generasi,” pungkas dia.