Kondisi pabrik korek api di Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten yang hangus terbakar. Dok: ist

JAKARTA – Kebakaran yang menghanguskan pabrik produksi korek api gas M2000 di kawasan industri Laksana Business Park, Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, akhirnya padam. Saat ini, pemadam masih melakukan proses pendinginan di lokasi tersebut.

“Sebenarnya proses pendinginan sudah dilakukan dari pagi tadi. Tapi masih ada letupan kecil di beberapa titik api. Hingga pada siang tadi sudah benar-benar padam,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir, Rabu (3/11/2021).

Ditambahkan Munir, proses pendinginan terkendala adanya letupan-letupan api itu, lantaran bahan-bahan yang dipadamkan mudah terbakar. “Karena bahan-bahan yang terbakar tertutupi reruntuhan bangunan. Jadi itu yang menjadi kesulitan kami,” katanya.

Kapolsek Pakuhaji AKP Dodi Abdul Rohim mengatakan, pihaknya telah memanggil lima orang atas peristiwa kebakaran tersebut sebagai saksi. Pemanggilan itu dilakukan untuk mengetahui apakah ada kelalaian yang mengakibatkan kebakaran itu terjadi.

“Saat ini baru ada lim orang yang kita periksa, yakni manajer, supervisor, dan tiga orang pekerja yang kita periksa, terutama di bagian QC (Quality Control),” ungkap Dodi.

Selain saksi, Dodi menambahkan pihaknya telah menyita beberapa barang bukti dari lokasi kejadian. Selain itu, lanjutnya, pihaknya akan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) setelah proses pemadaman selesai.

“Untuk olah TKP masih kita tunggu sampai proses pemadaman selesai,” pungkasnya.